Membuat Kartu Nama Sederhana Menggunakan CorelDRAW X5

Tutorial ini ditujukan bagi Anda yang baru mengenal dunia CorelDRAW. Kita akan membuat kartu nama sederhana seperti dibawah ini:
kartu nama

Penyajian tutorial ini dibagi dalam tiga bagian untuk memudahkan pembaca. Silakan dikreasikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan Anda.

Bagian 1: Desain Tata Letak

Buka aplikasi CorelDRAW X5, pilih New Blank Document.

1Atur lembar kerja yang akan digunakan untuk membuat kartu nama. Kartu nama kita akan berukuran 9,5 cm x 5,5 cm (panjang x lebar), jadi ubah Width menjadi 9,5 cm dan Height 5,5 cm. Tekan OK untuk masuk ke lembar kerja.

2Buat persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (atau tekan F6) dengan ukuran panjang 9 cm dan lebar 5 cm. Kita dapat mengubah ukurannya di bagian Object Size (dilingkari warna merah).

3Buat salinan dari bentuk persegi panjang diatas dengan menekan tombol Ctrl+C secara bersamaan, lalu tekan tombol Ctrl+V secara bersamaan. Klik hasil salinannya, lalu tarik  garis bagian atasnya ke bawah sedikit.

4Klik persegi panjang hasil salinan (yang telah dikurangi lebarnya), lalu pilih menu Arrange → Convert To Curves (atau tekan Ctrl+Q secara bersamaan).

5Pilih Shape Tool (atau tekan F10) untuk mengubah bagian tertentu pada persegi panjang hasil salinan. Turunkan sedikit pada bagian pojok kanan atas sehingga hasilnya menjadi seperti gambar berikut:

6Klik satu (1) kali pada garis yang miring lalu pilih Convert To Curve (dilingkari warna merah). Setelah muncul panah yang saling berhadapan, tarik garis ke bawah sehingga membentuk garis lengkung.

7Klik area dibawah garis lengkung, lalu klik Color Palette disebelah paling kanan untuk mengubah warnanya. Gambar dibawah menunjukkan area dibawah garis lengkung diwarnai hijau.

8Buat persegi panjang baru untuk latar belakang kepala kartu nama dengan ukuran panjang 6,8 cm dan lebar 0,8 cm.

9Warnai persegi panjang tersebut menggunakan Interactive Tool (atau tekan tombol G pada keyboard). Arahkan Interactive Tool ke bidang yang akan kita warnai. Klik tepi sebelah kiri lalu tahan dan geser mouse (drag) terus ke kanan. Untuk mengubah warnanya, klik dropdown yang dilingkari merah pada gambar dibawah.

10Hilangkan garis tepi pada persegi panjang tadi dengan klik Outline Pen Tool → No Outline.
11

Bagian 2: Desain Logo

Pilih menu Tools → Basic Shapes Tool → Perfect Shapes. Pilih bentuk setengah lingkaran, letakkan di area kerja.

12 Rampingkan bentuk setengah lingkaran tersebut dengan menggunakan Shape Tool (atau tekan F10). Klik tanda belah ketupat berwarna merah, tahan, lalu geser mouse (drag) ke kiri. Putar sebesar 90 derajat dengan memasukkan angka 90 pada Angle of Rotation (dilingkari merah).

13Tambahkan warna biru pada bentuk setengah lingkaran tersebut. Klik bentuk setengah lingkaran tersebut, lalu tekan tombol Ctrl+C → Ctrl+V untuk membuat salinannya. Klik tool Mirror Horizontally disebelah kanan tool Angle of Rotation untuk membalik salinannya sehingga menjadi logo seperti dibawah ini:

14

Bagian 3: Penulisan Informasi

Tambahkan informasi nama dan jenis perusahaan di bagian kepala kartu nama. Buat tulisan 2 baris pada bagian kepala kartu nama menggunakan Text Tool (icon yang berbentuk seperti huruf kapital A pada Toolbar di bagian paling kiri) atau tekan tombol F8 di keyboard. Baris pertama bertuliskan “UD. SWAKARYA ABADI” berukuran 15pt warna merah. Baris kedua bertuliskan “Pengrajin Topi dan Bordir Komputer” berukuran 10pt warna hitam.

21Tambahkan informasi nama pemegang kartu nama dan jabatannya di bawah kepala kartu nama. Untuk contoh dibawah, baris pertama (nama pemegang kartu nama) bertuliskan “M. Khoirul Huda” berukuran 12pt warna merah. Baris kedua (jabatan pemegang kartu nama) bertuliskan “Manajer” berukuran 10pt warna hitam. Jadikan rata kanan dengan memilih Text Alignment → Right.

22Tambahkan informasi alamat perusahaan di area berwarna hijau. Pada contoh dibawah, tulisan “Office” berukuran 12pt warna hitam, sedangkan yang lainnya berukuran 9pt warna putih.

23Tambahkan slogan perusahaan di pojok kanan bawah. Tulis kata “Think” berukuran 12pt warna putih dan tulisan “SMART” berukuran 12pt warna putih.

24Klik kata “Think” lalu pilih Shape Tool (atau tekan F10), akan muncul anak panah ke bawah dan ke kanan. Klik anak panah yang mengarah ke kanan, tahan, lalu geser (drag) ke kanan.

25
Klik kata “Think” dan “SMART”, lalu tekan tombol Ctrl+G di keyboard untuk menggabungkan kedua kata tersebut. Putar tulisan sebesar 90 derajat dengan cara memasukkan angka 90 pada Angle of Rotation.


(hud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *